OBAT ALAMI

OBAT ALAMI

Ads

BERITA

Monday 22 August 2016

Perlu Kalian Semua Tahu Akan Khasiat Buah Merah Dari Papua Berikut Ini

Buah Merah atau Pandanus conoideus Lam termasuk juga kedalam keluarga pandan-pandanan. Tanaman ini adalah tanaman endemik Papua yang terdapat banyak di pegunungan Jayawijaya, tetapi buah ini bisa diketemukan juga di dataran rendah. Orang-orang lokak papua menyebutkan tanaman ini dengan nama Kuansu. Tanaman ini mirip pandan dengan tinggi meraih 16 m, dengan tinggi bebas cabang 5-8 m. Batangnya bercabang banyak, tegak bergetah serta berwarna cokelat bercak putih. Daunnya tunggal berupa lanset sungsang, berwarna hijau tua serta letaknya berseling.

Senyawa yang terdapat dalam tanaman ini yaitu tokoferol, alfatokoferol serta betakaroten. Diluar itu buah merah juga mempunyai kandungan kalsium serta zat besi yang tingi. Buah merah juga mengandung asam oleat, asam linoleat, asam linolenat serta dekanoat.

Tokoferol, alfatokoferol dan betakaroten yang terkandung di dalam tanaman buah merah memiliki sifat antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Senyawa antioksidan ini mampu menekan dan membunuh sel-sel kanker. Tokoferol yang merupakan vitamin E alami juga dapat berkhasiat bagi penderita stroke, yaitu sebagai pengencer darah, mencegah penggumpalan darah, memperbaiki sistem kerja jantung, dan menurunkan tekanan darah. Buah merah juga dapat digunakan untuk penyakit yang berhubungan daengan mata dan kulit, karena kandungan betakaroten yang akan diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh. Vitamin A ini berfungsi penting dalan hal epitelisasi kulit dan mata. Kalsium dan besi di dalam buah merah sangat tinggi dan bisa membantu mencegah dan mengobati osteoporosis.