OBAT ALAMI

OBAT ALAMI

Ads

BERITA

Wednesday 24 February 2016

Berikut Ini Yang Harus Di Indahkan Jangan Bakar Plastik Mulai Dari Sekarang, Ini Bahayanya, Baca Selengkapnya!


Plastik sudah jadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Tanpa ada kita sadari, kita sering memakai kantong plastik, botol minuman plastik, dan benda-benda yang terbuat dari plastik yang lain.

Hal semacam ini mengakibatkan jumlah sampah plastik di lingkungan kita makin bertambah dari hari ke hari. Diperlukan waktu yang sangat lama untuk mengurai sampah plastik dengan cara alami, hingga seringkali orang-orang kita yang melenyapkan sampah plastik lewat cara membakarnya.

Lantas, apakah hal itu aman? Apa efek membakar sampah plastik pada kesehatan?
Ternyata membakar plastik begitu beresiko untuk kesehatan. Saat kita membakar plastik, tanpa ada kita sadari berlangsung pelepasan zat-zat beresiko ke udara seperti karbon monoksida, dioksin dan furan, volatil, serta partikel yang lain. Beberapa zat itu begitu riskan untuk tubuh kita.

Berikut bakal di jabarkan efek kesehatan dari semasing zat yang dihasilkan dari pembakaran sampah plastik :

Karbon monoksida
Karbon monoksida adalah salah satu type zat yang begitu beresiko apabila terhirup dalam jumlah banyak. Karbon monoksida mengakibatkan pusing dan sakit kepala. Diluar itu, karbon monoksida bisa menyebabkan masalah pandangan dan penurunan kesadaran.

Dioksin dan furan
Kedua zat ini sudah dapat dibuktikan bisa menyebabkan kanker. Zat ini dapat juga mengakibatkan kecatatan janin bila dihirup oleh ibu hamil. Salain itu, dioksin dan furan bisa mempengaruhi system reproduksi dan hormon dalam tubuh seperti mempercepat pubertas pada anak wanita serta tingkatkan resiko kanker testis pada lelaki. Peneliti sudah lakukan penelitian tentang efek dioksin pada burung.

Akhirnya tunjukkan kalau dioksin bisa merubah tingkah laku seksual burung jantan jadi betina. Mungkin saja ini dapat juga berlangsung pada manusia meskipun hal semacam ini butuh di teliti lebih mendalam.

Volatil
Zat ini ini bisa mengakibatkan beragam permasalahan dari mulai kanker sampai permasalahan system saraf. Volatil dapat juga menyebabkan beragam masalah pernapasan seperti iritasi saluran napas, asma, dan penyakit paru-paru kritis.

Lihat tingginya resiko kesehatan yang bisa ditimbulkan dengan membakar sampah plastik, pastinya kita mesti menghindar pembakaran sampah baik di ruangan tertutup ataupun di ruangan terbuka. Dampak ini bukan sekedar bisa kita rasakan sendiri, tetapi pastinya juga beresiko untuk beberapa orang di sekitaran rumah kita.

Langkah paling baik yang bisa kita kerjakan yaitu kurangi pemakaian bahan plastik seperti yang tengah dikampanyekan oleh pemerintah pada beberapa waktu ini. Kurangnya pemakaian plastik bakal turunkan jumlah sampah plastik di lingkungan kita. Diluar itu, kita mesti bijak dalam mengelola sampah plastik. Pisahkan sampah plastik dengan sampah organik untuk menolong beberapa petugas kebersihan mengelola sampah plastik untuk kepentingan daur ulang. Dengan lakukan hal itu, berarti kita perduli pada kesehatan lingkungan dan kesehatan badan kita sendiri.

Untuk Anda yang menginginkan tahu lebih jauh tentang topik ini, silahkan kemukakan pertanyaan Anda di feature Bertanya Dokter Clickdokter. com di laman website kami.