OBAT ALAMI

OBAT ALAMI

Ads

BERITA

Thursday 4 August 2016

Ini Dia Pule Pandak Sebagai Obat Alami Antihipertensi

Pule Pandak (Rauvolfia serpentina L. Benth) yaitu tanaman bunga yang sudah banak dipakai dalam industri obat. Tanaman ini menyebar di India, Myanmar, Thailand serta Indonesia (terlebih jawa). Perdu tegak tahunan, tinggi meraih 1 m, bergetah, batang silindris, percabangan warna coklat abu-abu keluarkan cairan jernih apabila dipatahkan.

Pule Pandak mengandung zat kimia alkaloid yang begitu bagus untuk menyembuhkan penyakit Hipertensi, Kandungan alkaloid dalam Pule Pandak bisa dibagi jadi 3 grup yakni :

1. Mengandung alkaline yang kuat anatara lain, serpentine, serpentinine, sarpagine, dan samatine.  Kelompok ini apabila diminum penyerapannya  kurang efektif;



2. Mengandung alkaline yang sedang, yaitu, ajmaline, ajmalicine, tetraphylline, dan tetraphyllicine.

3. Alkaline yang lemah yaitu, reserpine, rescinnamine, deserpidine, raunesine, dan canescine. Reserpine berkhasiat hipotensif, ajmaline, serpentine dan rescinnamine berkhasiat sedatif, yohimbine, yang dapat merangsang pembentukan testosteron sehingga dapat membangkitkan gairah seks.

Bagian yang digunakan:

Akar, batang, dan daun. Sebelum digunakan akar dicuci dan dipotong kecil-kecil lalu dijemur untuk penyimpanan.

Khasiat Pule Pandak :

Mempercepat penuaan bisul.
Menurunkan tekanan darah Tinggi atau hipertensi.
Menyembuhkan pusing atau sakit kepala.
Mengatasi penyakit susah tidur (Insomnia).
Mengobati peradangan pada empedu.
Epilepsi dan vertigo.
Mempercepat penyembuhan luka akibat gigitan ular dan kalajengking.

Cara Penggunaan :

Untuk penggunaan, Cukup ambil pucuk daun yang masih muda dan juga bunganya. Seduh sebagai teh dan minum secara rutin sehari sekali di siang atau sore hari.