OBAT ALAMI

OBAT ALAMI

Ads

BERITA

Sunday 17 April 2016

Sungguh Tragis Nasip Pria Ini.... Berikut Kisah Sang Juara Azan, 6 Tahun Yang Dikerangkeng di Sawah!

Bisa jadi warga Kampung Selakaso Desa Selawangi Kecamatan Sariwangi Kabupaten Tasikmalaya, Jawa barat tidak akan percaya kalau nasib Dadan Danil akan miris. Sejak enam tahun lalu dia dikerangkeng di dalam sawah oleh orang tuanya. Pria berumur 34 tahun ini terpaksa dibelenggu dalam kurung besi karena alami ganguan jiwa serta kerap mengamuk. Padahal waktu dia kecil, Dadan pernah memenangkan lomba azan.

Bapak Danil, Solihin, 60, menjelaskan anaknya alami gangguan jiwa bukanlah bawaan mulai sejak lahir.

Kata dia, sang anak pernah berjualan bakso dengan gerobak di Karawang. Usahanya jalan berhasil.

Tetapi, semuanya beralih mulai sejak enam th. lantas. Saat itu Danil mengeluh pusing serta sakit kepala.

Danil juga pulang ke kampung halamannya. Nah, sesudah ada dirumah, Danil kerap mengamuk. Tempat tinggal dirusak. Bahkan juga menyerang warga.

Hingga dengan sangat terpaksa, Solihin mengerangkeng Danil dengan kurung besi di dalam sawah. “Sering mengakibatkan kerusakan kaca tempat tinggal orang serta menyerang orang, ” ungkap Solihin pada wartawan di tempat tinggalnya di Kampung Selakaso, Jumat (15/4).

Solihin tak pernah memeriksakan anaknya ke dokter.


Argumennya tak mempunyai cost.

Tetapi, Jumat lantas (15/4), atas gagasan orang-orang Desa Selawangi serta UPTD Puskesmas Sariwangi, pria 34 th. itu dibawa ke Tempat tinggal Sakit Jiwa (RSJ) Jawa Barat di Cisarua, Bandung.

Ibu Danil, Uum, 59, bercerita, anak ke-2 dari tiga bersaudara ini di beri makan tiga kali satu hari. Lauk pauknya terkadang asin. Terkadang juga goreng. Seadanya.

Danil di saat kecilnya pernah membanggakan orangtua. Dia mencapai juara lomba azan. Dia juga adalah lelaki yang rajin olahraga. “Kadang bila ada azan anak saya saat didalam pasungan sukai ikuti azan, ” katanya.

Uum suka anaknya dapat dibawa ke RSJ Bandung. Lantaran, sebagai buruh tani dia tak mempunyai cost untuk menyembuhkan anaknya. “Mudah-mudahan sesudah dibawa ke tempat tinggal sakit serta dirawat disana pulih, ” harapnya.

Ketua RT 01 RW 02 Kampung Selakaso Usep Muslim menyampaikan orang-orang serta relawan menolong kirim Danil ke RSJ Bandung karena keadaan ekonomi keluarganya memprihatinkan. Orang-orang menginginkan pria yang di panggil Asep ini dapat pulih kembali.

Kepala Desa Selawangi Muhammad Nasser bersukur warganya yang alami masalah jiwa dapat dibawa ke RSJ Bandung. “Mudah-mudahan kelak dapat pulih seperti awal mulanya, ” katanya.

Kepala UPTD Puskesmas Kecamatan Sariwangi H Duani SKep menyampaikan Danil yaitu satu diantara pasien yang diawasi serta di check oleh puskesmas. Tetapi, tak kunjung pulih.

Dari hasil kontrol, Danil alami masalah jiwa dari beragam jenis aspek. Seperti aspek psikologis, ekonomi serta lingkungan. “Sementara aspek turunan tak ada, ” lebih dia.
Click Me