OBAT ALAMI

OBAT ALAMI

Ads

BERITA

Saturday 14 May 2016

Tahukah Anda Guys Hasil Investigasi Broadcast Tentang SEMUT JEPANG yang Ternyata Sangat Berbahaya Bagi Usus Lo (Hoax)

Gosip :

Informasi mengenai semut Jepang dapat mengobati diabetes beredar di sosial media. Dalam pesan itu dijelaskan semut Jepang yang merupakan obat diabetes ternyata beresiko karena mengandung bakteri yang dapat merusak usus.


Sumber informasi ditulis berasal dari group alumni FK UNS. Pesan itu berbunyi, ada seorang ibu di Magelang yang mengidap diabetes. Ibu itu mengkonsumsi semut Jepang yang tuturnya dapat keluarkan insulin yang merupakan obat diabetes.

Tetapi dalam waktu setahun konsumsi semut Jepang, ibu itu rasakan diare yang tidak kunjung pulih dan perutnya membesar. Dia lantas dibawa ke Tempat tinggal Sakit untuk dioperasi serta tenyata di ketahui ususnya rusak, hancur serta bernanah lantaran da bakteri yang bersarang disana.

Suami ibu itu yang disebut dosen di UGM lalu menyelidiki semut Jepang yang dikonsumsi istrinya di lab. Akhirnya didalam toples tempat menaruh semut itu nyatanya sangat banyak bakteri. Bakteri itu dapat mati apabila terserang air mendidih sepanjang 5 menit, sesaat semut Jepang terserang air panas 1 menit saja telah mati. Hingga dianjurkan tidak untuk lagi konsumsi semut Jepang supaya terlepas dari bakteri yang mengakibatkan kerusakan usus.

Investigasi :

detikcom mengecheck pada satu diantara alumni Fakultas Kedokteran UNS th. 2002, Tika. Dokter yang telah mengambil program spesialis ini mengakui tak pernah terima broadcast itu. Dia juga telah ajukan pertanyaan pada rekannya yang tidak sama angkatan.

“Teman saya dari sebagian angkatan, saya tanyakan ada yang terima broadcast ada yg tidak. Yang terima juga dapatnya dari group Whatsapp non-alumni FK UNS, ” ucap Tika.

Masalah Semut Jepang untuk obat diabetes, Tika menyampaikan telah mengecheck ke jurnal kedokteran. Akhirnya belum ada artikel yang mengulas masalah itu.

“Saya telah mencari di PubMed serta NCBI atau bank jurnalnya bebrapa riset kedokteran di semua dunia, tak temukan 1 juga artikel mengenai itu, ” tuturnya.

Tentang semut Jepang yang memiliki kandungan bakteri, Tika menyampaikan apabila bakteri ada di mana-mana. Umpamanya saja di wadah area untuk menyimpan semut Jepang yang kedap hawa serta ada ragi.

“Media untuk menaruh itu mempermudah bakteri hidup serta perbanyak diri. Langkah mengkonsumsi semut Jepang yang segera dikonsumsi tidak ada sistem pencucian juga beresiko, ” tuturnya.

detikcom juga bertanya tentang semut Jepang ini pada dokter di Divisi Metabolik Endokrin FKUI, dr Em Yunir, SpPD, KEMD. Yunir menyampaikan dengan cara medis belum pernah ada riset semut Jepang dapat menyembuhkan penyakit diabetes.

“Dari literatur tidak ada yang menyampaikan bila semut Jepang itu buat obat diabetes, ” tuturnya.

Menurut dia diabetes yaitu penyakit lantaran masalah metabolisme serta selama ini tak dapat sembuh 100 %. Penyakit ini cuma dapat dikendalikan, satu diantaranya dengan melindungi pola makan serta minum obat.

“Misalnya diabetes berlangsung lantaran makannya umumnya maka dari itu dikurangi. Bila insulin didalam kurang ya kasih insulin dari luar, bila pankreasnya lemah kasih obat untuk menguatkan. Kita kasih anjuran sesuai sama riset yang terarah, tidak sembarang, ” ucapnya.

Yunir berpesan supaya masyakarat tidaklah terlalu gampang yakin dengan ‘obat’ yang belum teruji klinis. Hal semacam ini lantaran dosis serta faedahnya belum terarah dengan terang.

“Jangan sangat gampang yakin. Beberapa penyakit diabetes sesungguhnya dengan mengatur makanan itu dapat dikendalikan tanpa ada obat. Hanya ini kan dia lantaran makan semut selalu makannya ditata jadi dikira semutnya yang bagus. Walau sebenarnya dari langkah makan dapat juga kurangi diabetes, ” tuturnya.

Rangkuman :

Broadcast masalah berita semut Jepang obat diabetes dari alumni FK UNS itu hoax. Sesaat masalah semut Jepang dapat mengobati diabetes masihlah belum di pastikan kebenaranya lantaran masihlah butuh riset selanjutnya. Diluar itu, penyembuhan diabetes itu tidak sama tiap-tiap orang, sesuai sama type serta tingkat diabetes yang dirasakannya. Hingga pemberian obat yang belum terang dosis serta uji klinisnya butuh diwaspadai dampak negatifnya.

SUMBER :
http :// news. detik. com/berita/3137852/broadcast-semut-jepang-jadi-obat-diabetes-namun-membahayakan-usus

dan
https :// www. facebook. com/IndonesianHoaxes/photos/a. 706244416094758. 1073741828. 705618876157312/1082644608454735/? tipe=3&theater

atau dapat pula teliti Hoax yang lain di
http :// hoaxornot. detik. com/