OBAT ALAMI

OBAT ALAMI

Ads

BERITA

Tuesday 16 August 2016

Perlu Kalian Semua Tahu Uang NKRI Baru Resmi Akan Beredar Di Pasaran !!!

Nyatanya duit NKRI yang baru bakal resmi mengedar di orang-orang Direktur Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Pieter Yakobs menyampaikan duit ini bakal di luncurkan bersamaan Hal semacam ini dikatakannya waktu terlibat perbincangan dengan Liputan6. com,
Tetapi Peter malas merinci bentuk, pecahan ataupun ciri khas dari duit yang bakal jadi alat penukaran di tanah air ini. Bank Indonesia, kata dia, bakal menerbitkan info pers pada 14 atau 15 agustus yang bakal menerangkan detil mengenai duit baru NKRI ini. “Di situ bakal diterangkan ciri khas, nilai awal, ” lebih dia.

Sebelumnya, Bank Indonesia (BI) mengaku telah mencetak puluhan juta lembar uang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Deputi Gubernur BI, Ronald Waas mengungkapkan, persiapan yang dilakukan BI untuk menerbitkan uang NKRI sudah hampir selesai. Saat ini, tahap yang sedang dilalui adalah pencetakan.
“Nyetaknya (uang) sudah lama, karena waktu yang dibutuhkan bukan cuma seribu atau dua ribu lembar, tapi kebutuhannya sampai puluhan juta lembar. Dicetak secara bertahap,” tutur dia. Menurutnya, BI telah mempersiapkan segala sesuatunya terkait penerbitan uang NKRI, mulai dari desain sampai pendistribusian. Namun, saat ini Ronald belum bisa mengungkapkan secara panjang lebar mengenai rinciannya.
Alasannya, penerbitan uang anyar perlu dibarengi dengan keluarnya PBI yang menjadi landasannya. “Nanti kami akan terbitkan PBI yang mengatur lebih detailnya,” ujar dia. Untuk diketahui penerbitan uang NKRI ini untuk melaksanakan amanat dari Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2011 mengenai Mata Uang. Seusai dengan undang-undang, uang NKRI nanti akan terdapat gambar lambang negara Garuda Pancasila, frasa Negara Kesatuan Republik Indonesia dan tanda tangan pihak pemerintah dalam hal ini Menteri Keuangan dan Bank Indonesia.
Uang NKRI Bukan Redenominasi
Deputi Bidang Sistem Pembayaran & Management Intern BI Wilayah IV Jatim Hamid Ponco Wibowo mengungkapkan, uang NKRI resmi dikeluarkan pada 17 Agustus. “Namun, karena pas tanggal 17 itu jatuh di hari libur, peredarannya dimulai pada Senin, 18 Agustus 2014. Tapi sebelumnya, pada 17 Agustus, biasanya oleh kantor pusat uangnya sudah didistribusikan ke kantor-kantor perwakilan BI di daerah,” ujarnya.
Pria yang akrab disapa Ponco itu juga memastikan, uang NKRI yang akan segera beredar tersebut bukanlah bentuk uang redenominasi yang banyak diberitakan. “Nanti redenominasi beda dan ada lagi. Yang redenominasi sekarang masih berada dalam tahap rancangan undang-undang. Jadi prosesnya masih nanti,” ujarnya.
Dalam waktu dekat, setiap kantor perwakilan BI se-Indonesia juga berencana menyosialisasikan kepada masyarakat terkait dengan peredaran uang NKRI. “Dalam sosialisasi tersebut akan dijelaskan ciri-ciri fisik, warna, gambar, dan berbagai hal penting lainnya kepada masyarakat,” tuturnya
Sumber : https://anekainfounik.net/2014/08/12/uang-nkri-baru-resmi-beredar-18-agustus-2014/
BERITA