OBAT ALAMI

OBAT ALAMI

Ads

BERITA

Tuesday 9 August 2016

Tahukah Anda Guys Akan Khasiat Melinjo? Jika Melinjo Musuh Asam Urat Justru Kulit Melinjo Adalah Obatnya yang Ampuh

Banyak Dari kita yang sudah rasakan sakitnya asam urat terlebih saat masuk umur 40 th. ke atas. Pola makan serta Gaya hidup “modern” zaman saat ini bahkan juga bikin Asam Urat dihadapi mereka yang berumur 30 tahun-an.

Sesungguhnya apakah itu Asam Urat?

Asam Urat yaitu rasa sakit yang muncul akibat penimbunan zat PURIN di badan, yg tidak terbuang keluar. Purin sendiri yaitu zat yang dikandung oleh makanan, yang berperan untuk mensyntesa Deoxyribose-Nucleic Acid (DNA) yang begitu berguna untuk bangun badan dalam saat perkembangan. Lantaran terhentinya perkembangan Manusia di umur 25 tahun-an, purin tak terbuang, zat PURIN menumpuk di persendian, hingga menyebabkan rasa sakit bahkan juga bila sudah meradang (Gout) bisa mengubah susunan tulang sendi. Hingga banyak kita saksikan pasien asam urat kritis ada yang jari, tangan atau kaki nya bengkok (deformitas). Lebih Bahaya lagi jika asam urat menumpuk di Ginjal hingga membuat Batu Ginjal.

Seorang dikatakan mengalami Asam Urat apabila kadar PURIN ditubuhnya melewati ambang batas. Untuk wanita dewasa Antara 3,5-5,7 sedangkan pria dewasa Antara 3,5-7. Kalau sudah berada di angka  8,4 ada kecenderungan mengalami Batu Ginjal.

Di Masyarakat sudah beredar luas penggunaan obat Allopurinol atau obat kimia lainnya untuk menghambat Xantin Oksidase-enzim pensintesis asam Urat, namun efeknya tidak permanen sehingga penggunaan secara jangka panjang di khawatirkan menganggu fungsi Ginjal dan tubuh secara keseluruhan.

Ternyata ada obat alami yang mudah didapat dan murah harganya sehingga dapat dimanfaatkan sebagai pencegah dan pengobatan gejala asam urat adalah KULIT MELINJO.

“Bukankah buah Melinjo (Gnetum-Gnemon) adalah sumber Asam Urat?” Begitu Pasti yang ada dipikiran kita.

Ternyata dalam penelitian yang dipimpin Prof.Dr.H Subandi MSI, Dari jurusan Kimia Univ. Negri Malang menyebutkan sebaliknya.

Riset empiris membuktikan Ekstrak Ethanol kulit Melinjo Muda rebus 100 ppm menghambat dan juga menghancurkan kinerja Xantin. Berdasarkan penelitian, buah melinjo adalah musuh bagi penderita asam urat jika dikonsumsi secara berlebihan. Namun dibalik itu, ternyata kulit buah melinjo digunakan sebagai obat asam urat alami.

Menurut Prof. Dr. H. Subandi, MSi dari Jurusan Kimia, Universitas Negri Malang memiliki informasi bahwa “melinjo sebagai sebagai anti asam urat. Namun, khasiatnya bukan terdapat pada daging buah melinjo”, Kata Subandi.

Hasil riset Sri Wulandari yang merupakan mahasiswa bimbingan Prof. Subandi menunjukkan, senyawa yang terkandung pada kulit melinjo atau Gnetum gnemon itu mampu menghambat kinerja xantin oksidase-enzim pensintesis asam urat yang berkhasiat untuk mencegah penyakit asam urat atau gout.

sumber: http://www.asamurattinggisekali.**m/2015/12/kulit-buah-melinjo-digunakan-sebagai-obat-asam-urat-alami/