OBAT ALAMI

OBAT ALAMI

Ads

BERITA

Wednesday 11 May 2016

Apakah Anda Termasuk Orang Yang Punya Masalah Yang Seperti Ini Tenang Saja Tuntaskan Masalah Bau Mulut, Perut Kembung, dan Sakit Tenggorokan Cukup Dengan Kapulaga, Berikut Penjelasannya!!!

Rempah yang satu ini begitu mudah dikenali lantaran memiliki bentuk dan aroma yang begitu khas dan kuat. Biasanya Kapulaga sering kali dipakai sebagai bumbu masak pada masakan timur tengah, seperti gulai, krengsengan, nasi kebuli, dan lain sebagainya. Orang arab juga suka mencampurkan Kapulaga pada minuman hangat seperti teh atau kopi. Kapulaga (Amomum compactum) selain sangat berguna dalam memberi cita rasa masakan juga sangat bermanfaat untuk pengobatan.

Berikut beberapa khasiat dan manfaat Kapulaga untuk kesehatan :

1. Rempah-rempah nan eksotis ini mengandung banyak senyawa kimia alami yang di ketahui memiliki sifat anti-oksidan, mencegah penyakit serta meningkatakan kesehatani.



2. Biji Kapulaga yang pedas ini mengandung banyak minyak atsiri termasuk juga pinene, sabinene, myrcene, phellandrene, limonene, 1, 8-cineole, terpinene, p-cymene, terpinolene, linalool, linalyl asetat, minyak terpinen-4, a-terpineol, a asetat -terpineol, sitronelol, nerol, geraniol, metil eugenol, serta trans-nerolidol.

3. Karakter terapeutik kapulaga sudah dipakai di banyak obat-obatan tradisional sebagai antiseptik, antispasmodik, karminatif, pencernaan, diuretik, ekspektoran, stimulan, obat perut serta tonik.

4. Kapulaga adalah sumber yang baik dari mineral seperti kalium, kalsium, serta magnesium. Dalam 100 g kapulaga mengandung 1119 mg elektrolit ini. Kalium adalah komponen utama dari sel serta cairan badan yang menolong mengontrol detak jantung serta desakan darah. Tembaga dibutuhkan dalam produksi sel darah merah.

5. Diluar itu, Kapulaga juga adalah sumber yang begitu baik dari besi serta mangan. 100 g bijian ini mengandung 13, 97 mg atau 175% dari tingkat harian-yang keperluan badan bakal zat besi. Zat Besi dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah serta metabolisme sel. Mangan yaitu co-faktor untuk enzim, superoksida dismutase, serta adalah antiradikal bebas yang begitu kuat.

6. Setelah itu, Kapulaga kaya vitamin utama, termasuk juga riboflavin, niasin, vitamin-C yang utama untuk kesehatan yang maksimal.

Tersebut langkah pemakaian Kapulaga sebagai obat :

1. Menyingkirkan bau mulut

8 buah kapulaga, 1 cangkir daun pegagan dicuci lantas diseduh dengan 1/2 gelas air. Tutupi. Sesudah dingin, disaring serta diminum pagi-pagi ketika perut masihlah kosong.

2. Perut Kembung serta Mulas

7 butir Buah Kapulaga sangrai serta ditumbuk kasar, 10 butir biji jati belanda sangrai serta ditumbuk kasa, dalam cangkir berikan air mendidih 100 ml, seduhlah. Lantas minum seperti minum teh hangat.

3. Menyembuhkan batuk

Biji kapulaga dicuci, dikunyah-kunyak. Cairannya ditelan.

4. Radang Tenggorokan

Seduh dalam 100 ml air panas 10 butir kapulaga yang telah ditumbuk kasar serta rimpang kunyit yang ditumbuk kasar. Saring serta diminum 2 kali satu hari pagi serta sore hari.

sumber : http :// www. nutrition-and-you. com/cardamom. html

Buku “Sehat Alami dengan Herbal/250 Tanaman Bermanfaat Obat” (Oleh : Pusat Studi Biofarmaka LPPM IPB & Gagas Ulung)

Berbagi