OBAT ALAMI

OBAT ALAMI

Ads

BERITA

Wednesday 13 July 2016

Pemberitahuan Penting Guys!!! Barang Siapa Menjarahi Makam Kedua Orang Tuanya Setiap Hari Jum'at, Allah Akan Menghapus Dosanya

Dalam Islam berbakti pada orang-tua menempati posisi yang tertinggi. Seperti firman Allah SWT dalam surat Al-Isra ayat 23. Oleh karena itu kita diwajibkan untuk berbakti pada keduanya baik semasa hidup maupun setelah wafat dunia.

Apabila Orang Tua Telah Tak ada, Berikut Langkah Menebus Dosa Pada Orang Tua yang Telah Wafat Dunia

Umumnya setelah orangtua meninggal dunia, acap kali kita akan teringat kembali dengan kekeliruan serta dosa yang pernah diperbuat. Dengan hal tersebut tentu kita tak bisa mohon maaf secara langsung seperti waktu mereka masih hidup.

Walau demikian ternyata ada satu cara yang dapat kita lakukan untuk menebus dosa pada orangtua yang sudah meninggal dunia. Seperti di ajarkan oleh Rasulullah SAW. Di mana cara ini bahkan sangat mudah untuk dikerjakan. Sehingga tak ada lagi hambatan untuk mohon maaf pada keduanya walau mereka sudah meninggal dunia. Lantas seperti apakah cara yang dimaksud? Berikut penjelasan selengkap-lengkapnya.


Semua kebaikan yang sudah didapatkan dari ke dua orangtua, tidak akan pernah bisa terbalaskan walau dengan seisi dunia. Sehingga berbakti pada keduanya tidak hanya wajib dikerjakan saat mereka masih hidup namun juga setelah meninggal dunia.

Apabila semasa hidupnya kita bisa berbakti dengan cara menyenangkan keduanya, menuruti tiap-tiap perkataannya dan berbuat baik kepada keduanya. Maka setelah mereka meninggal dunia kita dapat berbakti terhadap keduanya dengan cara mendoakan mereka. Selain itu kita juga disarankan untuk melakukan ziarah kubur.

Abu Bakar bin Sayid M Syatho Dimyathi dalam karyanya Hasyiyah I’anatut Thalibin ala Fathil Mu’in menyampaikan kalau ziarah kubur disarankan menurut hadits Rasulullah SAW bahwa,

“Tiada seorang pun yang melewati makam saudaranya yang pada saat didunia sama-sama mengenal, selanjutnya ia mengatakan salam kepadanya, niscaya ahli kubur mengenalinya. ”

Sedang ziarah ke makam kerabat terutama makam orangtua sendiri sangatlah disarankan meskipun letaknya berbeda kota dengan anak-anak dan kerabatnya yang masih hidup.

Bahkan ternyata ziarah kubur ke makam orangtua adalah langkah yang dapat kita kerjakan untuk menebus dosa serta kesalahan pada orangtua yang sudah meninggal dunia. Sehingga bila kita pernah berbuat kesalahan serta dosa tetapi belum pernah untuk mohon maaf, maka dengan berziarah kubur kita bisa menebus kesalahan itu.

Seperti diriwayatkan dari Abu Hurairah Ra kalau Rasulullah SAW bersabda, “Siapa saja yang menziarahi makam ke dua orang tuanya atau satu diantara keduanya sekali setiap Jumat, maka pasti Allah SWT menghapus dosanya. Serta ia juga dinilai sebagai anak yang berbakti pada orang tuanya. ” (HR. Al-Hakim)

Lalu Abu Bakar bin Sayid M Syatho Dimyathi mengutip hadits yang lain tentang cara berbakti sepeninggal ke dua orangtua, yakni kalau Rasulullah SAW bersabda, “Sungguh seorang yang durhaka saat ke dua orang tuanya meninggal dunia, lalu ia mendoakan keduanya selepas keduanya berpulang, jadi pasti Allah SWT bakal mencatatnya sebagai anak yang berbakti. ”

Dengan demikian cara yang dapat kita lakukan untuk menebus dosa pada orangtua yang sudah meninggal dunia yaitu dengan melaksanakan ziarah kubur ke makam orangtua setiap hari Jumat.

Cara berbakti pada orangtua yang sudah meninggal dunia

Tidak hanya melaksanakan ziarah kubur, ada beberapa cara yang juga bisa dilakukan untuk berbakti pada orangtua yang sudah meninggal dunia. Salah satunya :

1. Mendoakan keduanya

Doa dari seorang mukmin yang hidup terhadap mukmin yang sudah meninggal dunia dijadikan Allah SWT sebagai satu diantara doa yang mustajab. Dengan demikian doa dari anak shaleh pada orangtua yang beriman walaupun mereka sudah meinggal dunia, dijadikan Allah SWT sebagai paket pahala yang terus mengalir.

Seperti diriwayatkan dari Abu Hurairah Ra kalau Rasulullah SAW bahwa, “Apabila seseorang meninggal, maka semua amalnya akan terputus terkecuali 3 hal yakni sedekah jariyah, pengetahuan yang berguna serta anak shalaeh yang mendoakannya. ” (HR. Muslim serta An-Nasai)

2. Menyambung silahturahmi pada karib kerabat orang tua

Cara selanjutnya untuk berbakti pada orangtua yang sudah meninggal dunia yakni dengan menyambung silahturahmi dengan karib kerabat orangtua. Seperti diriwayatkan dari Ibnu Umar Ra kalau Rasulullah SAW kalau, “Bentuk kebaktian pada orangtua yang paling tinggi, menyambung hubungan dengan orang yang di cintai bapaknya setelah ayahnya meninggal. ” (HR. Muslim)

Demikianlah penjelasan tentang cara menebus dosa pada orangtua yang sudah meninggal dunia.

Tetapi bila keduanya masih hidup maka sudah semestinya kita mohon maaf sebelumnya terlambat. Sebab ridho orangtua merupakan ridho Allah SWT. Sehingga telah sepatutnya kita berbakti pada orangtua baik saat hidup ataupun sesudah meninggal dunia.